Sabtu, 09 September 2017

KEMUNDURAN SEBUAH NEGARA KARENA KEMUNDURAN PENDIDIKANNYA

Rizal Al-Fays Angkotasan


"Ceritakan padaku, kondisi pendidikan di Negaramu maka, akan aku jelaskan tingkat kemakmuran masyarakat di Negaramu, Hukum di Negaramu, Politik di Negaramu, dan Perekonomian di Negaramu, Tanpa harus mendatangi negaramu terlebih dahlu"

Sebelum kita membahas mengenai pendidikan mari sejenak kita melihat Negara kita yang sama-sama kita cintai, Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kita adalah negara yang besar, kaya dengan sumber daya alam, nikel, batu bara, minyak, besi, gamping, emas, gas, uranium semunya ada. Tanah kita begitu subur bahkan tongkat ditanam bisa tumbuh menjadi pohon, laut kita terdapat jutaan jenis ikan, apa yang kurang di negara kita, semuanya ada. Tetapi yang membuat kita tidak pernah maju, karena kualitas pendidikan kita juga tidak pernah baik.

Mari sejenak kita pelajari tentang sejarah Indonesia sedikit. Pada masa kekuasaan Imprelisme Eropa di Nusantara, banyak sekali perlawanan masyarakat diberbagai wilayah di Nusantara untuk melawan bangsa Eropa, pada tahun 1570-1575 bangsa Eropa dalam hal ini Portugis telah dikepung selama 5 Tahun oleh Sultan Babbullah di Ternate sehingga Portugis terdesak dan keluar meninggalkan Ternate. Setelah itu bangsa Eropa lainnya silih berganti Spanyol, Inggris dan Belanda melakukan berbagai penjajahan. Namun bangsa Indonesia yang begitu besar tidak mampu mengusir orang Belanda pada saat itu. Apa yang membuat Belanda begitu kuat ..? Yang membuat Belanda begitu kuat adalah kepintaran mereka dalam memecah belah kekuatan kita. Mereka mampu menciptakan perang hanya dengan mengadu domba masyarakat antara satu wilayah, dengan wilayah lainnya dengan politik devide et impera. Banyak sekali perlawanan yang dilakukan untuk melawan Belanda tetapi, tidak berhasil mengusir Belanda pada saat itu. Namun salah satu kesalahan terbesar Belanda adalah memberikan pendidikan kepada bangsa Indonesia pada saat itu. Secara resmi pendidikan dibuka oleh pemerintah Belanda di Indonesia (Hindia Belanda) pada tahun 1901. Pada tahun 1901 ketika Ratu Welhilmina menyampaikan pidato kenegaraannya yang berbunyi :

“Negeri Belanda mempunyai kewajiban untuk mengusahakan kemakmuran pada penduduk Hindia Belanda”.

Demikian pidato tersebut menandai awal kebijakan memakmurkan Hindia Belanda yang dikenal sebagai Politik Etis atau Politik Balas Budi. Politik Etis di Hindia Belanda ketika itu, setidaknya diwarnai oleh sosok-sosok mereka, baik sebagai inisiator, fasilitator, eksekutor maupun kritikus dari kebijaksanaan tersebut. Nah berikut ini tokoh-tokoh Belanda yang mewarnai Politik Etis diantaranya yaitu:

Eduard Douwes Dekker “1820-1887”
Pieter Brooshooft “1845-1921”
Conrad Theodore van Deventer “1857-1915”
Jacques Henrij Abendanon “1852-1925”
Dr. Douwes Dekker “1879-1950”. 

Melalui trias political Sehingga masyarakat Indonesia mulai mengenal pendidikan dan dapat melakukan perlawanan secara diplomasi. Kebangkitan masyarakat Indonesia pada saat itu tidak terlepas dari adanya pendidikan.

Saat ini pendidikan di negara kita kurang diperhatikan secara serius dimulai dari tingkat pemerintah pusat hingga pemerintah daerah. Maluku misalnya secara sistematis pemerintah daerah maupun pemerintah pusat tidak memperhatian masalah pendidikan, sehingga Provinsi Maluku merupakan salah satu Provinsi termiskin di Indonesia. Jika kita lihat melalui catatan sejarah Provinsi Maluku merupakan Provinsi tertua yang dibentuk pada tahun 1945 tepatnya bulan Agustus tanggal 18. Sehari setelah Indonesia merdeka. Usianya sama dengan usia negara ini. Penyebabnya karena masyarakat Maluku masih banyak yang tidak berpendidikan. Lebih parah lagi pemerintah Provinsi Maluku tidak memperhatikan generasi mudanya sehingga Maluku masih minim sumber daya manusianya. Kualitas pendidikan di Maluku tidak bermutu, hal ini dikarenakan berbagai faktor misalnya : Kualitas Guru, dan gaji guru. Kualitas guru di Maluku tidak berkualitas dibuktikan dengan Uji Kompetensi Guru di Indonesia yang dilaksanakan di Bali pada tahun 2016 Maluku berada di urutan 32 dari 34 Provinsi di Indonesia. Hal ini dikarenakan kebanyakan guru yang mengajar di sekolah bukan berasal dari latar belakang pendidikan guru sehingga faktor ini memiliki pengaruh terhadap pendidikan di Maluku. Gaji guru yang kecil sehingga guru tidak fokus untuk belajar, setelah pulang sekolah guru kebayakan bekerja sebagai tukang ojek, penjual gorengan dan kerja sampingan lainnya untuk mecukupi kebutuhan keluarga. Guru honor dibayar 300 ribu perbulan dan itu diambil 3 bulan sekali.  Sedangkan guru honorer dibayar 1,15.000 perbulan. Berapa gaji guru PNS...? Guru PNS Gajinya dibayar tergantung tinggi rendahnya golongannya.

Faktor-faktor tersebut di atas merupakan salah satu indikator dari banyaknya indikator yang menjadi landasan kemunduran pendidikan di Maluku. Pemerintah Maluku tidak memiliki upaya tertentu dalam memperbaikai kualitas pengajar. Coba Pemerintah menggaji guru debgan bayaran yang mahal, disediakan segala fasilitas. Setelah itu diberikan tugas dengan target tertentu, jika guru mengajar tidak baik dan target yang ditentukan tidak terpenuhi maka guru-guru tersebut harus diberhentikan. Sehingga kualitas guru dan mutu pendidikan biasa baik. Dengan begitu Maluku akan melahirkan berbagai ilmuan dan perkembangan yang begitu maju dalam 20 tahun ke depan.

Mari kita menengkok dan coba kita bandingkan negara tetangga kita Singapura dengan negara Indonesia. Di Singapura  miskin SDA tapi pendapatan per kapitanya 13X lipat dari Indonesia.

Singapura sama sekali tidak memiliki sumber daya alam (SDA) namun negara tersebut memiliki industri berbasis SDA sehingga membuat negara tersebut maju dan rata-rata pendapatan per kapita warganya mencapai US$ 48. 595 per orang per tahun. Sementara Indonesia, yang merupakan negara kaya SDA, rata-rata pendapatan per kapita warganya hanya US$ 3.452 per orang per tahun. Artinya pendapatan perkapita Singapura kurang lebih 13 kali lipat dari rata-rata pendapatan per kapita Indonesia. "Ya walaupun Singapura tidak punya SDA sama sekali baik itu batubara, nikel, tembaga, dan lainnya, tapi Singapura punya industri yang berbasis SDA dan maju semua," penjelasan ini diungkap oleh Sesditjen Mineral dan Batubara (Minerba) Harya Adityawarman di acara Coffee Morning Talk, di Hotel Dharmawangsa, Jumat (3/5/2013).

Menurut Harya, Singapura mendapatkan pasokan bahan baku SDA semuanya dari impor. Pasokan bahan baku tersebut pemerintah Singapura benar-benar membangun segala infrastruktur untuk memajukan industri olahan sehingga menghasilkan nilai tambah. "Dampaknya tentu ekonomi negara tersebut maju, bahkan dibandingkan negara di Asia yang impor SDA, GDP Singapura mencapai US$ 48.595 per kapita," ungkapnya. Selain Singapura, negara-negara lain di Asia yang mengandalkan impor SDA dari negara lain dan mempunyai industri berbasis SDA yang maju dan meningkatkan GDP masyarakatnya, antara lain: Korea Selatan, GDP US$ 23,639 per kapita.

Apa yang membuat negara ini maju...???
Tentunya maju sebuah negara tidak bisa dilepas pisahkan dari kualitas pendidikannya :

Negara dengan Kualitas pendidikan yang terbaik saat ini berdasarkan survei dari The Social Progess Imperative. Menempatkan
1. Negara Korea Selatan berada diurutan pertama dengan kualitas pendidikan yang terbaik di dunia. Penyebabnya karena anggaran untuk pendidikan sebesar 11 Miliar Dolar atau setara dengan 150 Triliun Rupiah.  Berapa anggaran untuk pendidikan kita ...?. Anggaran pendidikan kita sebesar 416.1 Miliar atau sebesar 20% dari APBN kita.

Negara dengan Pendidikan terbaik berikutnya adalah :
2. Negara Singapura sebagaimana telah dijelaskan di atas bahwa Singapura tidak memiliki Sumber Daya Alam seperti Indonesia namun pendapatan perkapita masyarakatnya 13 x lipat dari pendapatan perkapita masyarakat Indonesia. Lalu apa yang membuat negara ini begitu maju...? Dengan tingkat pendidikan terbaik kedua di Dunia..??. Faktor yang mempengaruhi pendidikan adalah kualitas guru dan gaji guru. Berapa gaji guru di Singapura..?. Di negara Singapura guru di Gaji 512.000.000 juta pertahun atau sebulan, guru mendapatkan gaji lebih dari 42 juta rupiah setiap bualan.

Negara Dengan pendidikan terbaik berikutnya adalah :
3. Negara Finlandia, merupakan salah satu negara dengan kualitas terbaik ketiga di dunia. Bahkan beberapa survei menempatkan Finlandia sebagai negara dengan pendidikan terbaik no satu di dunia. faktor penyebabnya kenapa negara Finlandia merupakan salah satu negara dengan tingkat pendidikan terbaik di Dunia..?. Anda tentunya kaget kalau di Finlandia siswa hanya bersekolah  selama 4-5 jam tidak ada yang namanya ujian nasional. Negara mengembalikan tanggung jawab pendidikan kepada guru. Di Finlandia Guru mendapatkan segala fasilitas dari pemerintah seperti rumah, mobil, dan berbagai kebutuhan lainnya namun di Finlandia yang harus mengajar atau menjadi guru adalah lulusan S2/ magister. Dan lulusan S2 yang bisa mengajar adalah lulusan terbaik dari 10 Universitas terbaik di Finlandia atau Universitas terbaik di Dunia dengan kelulusan masuk dalam 10 besar lulusan terbaik yang berada di setiap kampus terbaik di Finlandia. Kalau di Indonesia yang lulus SMA bisa honor di SMP dan lulusan SMP bisa honor di SD. Ini potret pendidikan di Maluku dan di Indonesia pada umumnya. Di Finlandia guru yang mengajar diberikan segala fasilitas oleh negara. Pemerintah di negara tersebut menyadari bahwa kesejateraan guru merupakan salah satu langkah dalam kemajuan pendidikan yang akan beradampak pada kemajuan negara tersebut. Sedangkan di Indonesia atau di Maluku guru yang telah honor puluhan tahun gajinya tetap 300 ribu dan paling besar 750 ribu itu untuk honor. Selama puluhan tahun guru-guru mengajar banyak dari mereka tidak diangkat menjadi PNS. Jangankan PNS guru honor yang akan menjadi Honorer saja sagat susah. Hal ini dapat menciptakan kemiskinan pada kaum terpelajar. bahkan kondisi guru-guru di Maluku rata-rata belum memiliki tempat tinggal. Sebagian tempat tinggal mereka adalah warisan orang tua. Ini kenyataan yang saya lihat secara langsung terkait dengan kondisi pendidikan di Maluku.

Pergerakan dari ormas di Maluku yang bergerak dibidang pendidikan belum dirasakan bahkan belum memiliki kontribusi terhadap pendidikan di Maluku. Masyarakat Maluku lebih memilih untuk hidup secara individualisme tanpa melihat kondisi masyarakat Maluku secara kolektif. Jika kita bisa merubah pendidikan di Maluku menjadi lebih baik, maka Maluku akan maju lebih dari provinsi lainnya. Di Indonesia bahkan bisa menjadi salah satu provinsi dengan kualitas pendidikan terbaik di Dunia. Namun sekali lagi saya tegaskan bahwa masyarakat Maluku belum menyadari tentang pentingnya pendidikan. Oleh karena itu mari kita tanamkan pemahaman tentang pentingnya pendidikan bagi masyarakat.

Sejarah mengingatkanku pada sebuah kisah nyata dimana nabi Muhammad SAW. Menerimah wahyu pertama di sebuah gua di Mekkah yang dikenal dengan nama Gua Hira. Pada saat itu wahyu yang disampaikan berkaitan dengan Pendidikan, kata perintah yang pertama yaitu Iqra yang artinya bacalah. Dalam suarat Al-Alaq tersebut kata perintah untuk membaca diulangi sebanyak dua kali. yaitu pada ayat pertama dan ayat ketiga.

Dalam sebuah hadist Rasul menyampaikan kepada kita : Ut'lubul ilma minal mahdi ilal ahdi. Artinya : tuntutlah ilmu dari buain hingga meninggal dunia. Konsep tersebut menjadi aktual setelah Paul Lengrand menulis sebuah buku yang berjudul : An Introduction to Lifelong Education, pada tahun 1970. Dan kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh UNESCO. Sebagai asas pendidikan seumur hidup.

Ambon, 10 November, 2017.

Penulis   : Rizal Al-Fays Angkotasan, S.Pd.
Alumni    : Universitas Pattimura Ambon
Fakultas : KIP
Jurusan  : Pendidikan Sejarah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar